Manfaat buah anggur dan kandungannya

- Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Anggur biasanya di gunakan untuk membuat jus, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung dan masih banyak yang lainya. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
   Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.
Buah anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia karena didalam buah anggur terkandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Pada sebuah penelitian berhasil terungkap bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berfungsi memperlancar aliran darah dalam arteri tubuh manusia pada saat beraktivitas menggunakan sel-sel otot halus.

Kandungan Gizi yang terdapat pada buah anggur
Buah Anggur bisa dikelompokkan pada jenis tanaman obat, penggolongan ini didasari karna buah angur kaya akan unsure-unsur yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam tanaman buah angur memiliki senyawa polifenol serta senyawa resveratol. Kedua senyawa tersebut ikut serta, dan sangat berperan pada system kegiatan metabolism. 2. Senyawa Polifenol dan senyawa resverator juga berperan penting terhadap pencegahan terjadinya sel-sel kanker serta penyakit-penyakit lainnya. Selain itu buah yang tergolong di family vitacaee ini juga mempunyai kandungan senyawa antioksida, senyawa antioksida itu sendiri berfungsi sebagai senyawa yang mampu menjadi tameng dari adanya radikal bebas yang ada pada tubuh kita.
Beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan antara lain :
  • Melindungi tubuh kita dari infeksi Kandungan Antivirus dan antibakteri dalam buah anggur dapat memberikan perlindungan tubuh dari infeksi.
  • Sangat baik untuk penderita asma, buah ini memiliki kekuatan assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik untuk penderita asma karena bisa menurunkan masalah sesak napas.
  • Melindungi mata dari penyakit katarak Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas antara lain penyebab katarak
  • Di percaya dapat mencegah kanker payudara dan migrain, sering mengkonsumsi jus anggur dapat menurunkan resiko tubuh dari terjangkit kanker payudara. Konsumsi jus anggur murni tanpa campuran air juga bermanfaat untuk mengobati migrain.
  • Mengobati susah buang air besar Kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pencahar, sehingga konsumsi buah anggur dipercaya dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit.
  • Menurunkan resiko penyakit jantung Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya kadar oksida nitrat dalam tubuh, dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yg dapat menghambat pembuluh darah.
  • Menghilangkan gangguan pada pencernaan tubuh dan ginjal. Mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal. Sehingga kesehatan ginjal dapat terjaga.
  • Mengontrol tingkat kolesterol darah Pterostilbene adalah senyawa dalam buah anggur yang bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah, Selain itu, Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.
Itu tadi sedikit ulasan dari saya tentang manfaat dan kandungan buah anggur semoga artikel ini bermanfaat buat kesehatan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nurman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger